Perbaikan Atap Rumah, Berikut yang Dapat Anda Lakukan

Terik matahari, angin kencang dan hujan deras pasti akan menurunkan kualitas atap rumah. Dengan kata lain, ketahanan atap akan berkurang seiring waktu dan atap dapat rusak. Sehingga ketika musim hujan datang pasti akan membuat anda khawatir atap rumah Anda bocor. Ketika terjadi kebocoran pada atap rumah, air akan mengalir ke dalam rumah dan ini akan sangat mengganggu penghuninya. Karena itu, apa pun alasannya, perbaikan atap rumah tetap harus dilakukan.

 Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk perbaikan atap rumah Anda.

1. Menyediakan Lapisan Tahan Air

Perubahan cuaca tahunan tentu akan membuat atap kita rentan terhadap kerusakan dan kebocoran. Untuk mencegah hal ini terjadi, periksa secara teratur dan ingat untuk menggunakan lapisan tahan air. Seperti yang kita ketahui, lapisan tahan air berguna untuk menambal kebocoran pada atap rumah agar tidak bocor lagi. Atap yang bocor dapat ditambal dengan lapisan tahan air karena mengandung bahan anti air yang dapat mencegah air merembes ke dalam.

2. Perhatikan Kemiringan Atap

Atap rumah biasanya dibuat miring untuk memperlancar aliran air di saat hujan. Jadi, jika atap rumah Anda sedikit miring dan rata, bisa jadi itu adalah penyebab kebocoran karena aliran air akan terputus dan genangan air akan muncul di atap rumah. Untuk menghindari hal ini, perhatikan kemiringan atap, yang biasanya bervariasi antara 30-40 derajat. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi sambungan atap karena hal ini juga dapat berpotensi menyebabkan kebocoran.

3. Perbaikan Genteng

Secara tidak sengaja, genteng atau atap dari seng  mungkin melorot karena terkena angin kencang. Jika ini terjadi, maka Anda harus segera memperbaiki letak  genteng tersebut. Selain itu, ganti genteng yang sudah retak atau rusak. Mungkin saat Anda memeriksa atap rumah, ada genteng yang tidak sengaja Anda injak, maka atapnya bisa retak atau bahkan rusak. Oleh karena itu, genteng yang rusak harus diganti. Sehingga atap tidak mengalami kebocoran saat turun hujan. Periksa atap Anda secara rutin untuk melihat apakah ada masalah atau tidak. Apabila diketahui lebih awal maka akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan atap.

4. Bersihkan Talang Air

Talang yang kotor dapat disebabkan oleh daun yang rontok, yang dapat menghalangi aliran air saat hujan. Sehingga air akan tergenang dan tidak bisa mengalir dengan cepat, yang akan menyebabkan atap tidak mampu menahan air hujan dan menumpahkannya kemana-mana. Oleh karena itu bersihkan atap dan talang sebelum musim hujan tiba. Lebih baik lagi jika atap dan talang dibersihkan secara rutin.

5. Menebang Pohon yang Melebihi Tinggi Rumah

Jika ada pohon di sekitar rumah Anda yang lebih tinggi dari rumah Anda, Anda harus memangkas pohon itu agar tingginya tidak melebihi rumah Anda. Karena ketika pohon lebih tinggi dari atap rumah, daun dari pohon berpotensi jatuh di atap rumah Anda dan menumpuk, sehingga dapat menyumbat saluran air di atap rumah Anda. Sehingga rawan menjadi penyebab macetnya aliran air yang ada di atap saat hujan turun.

Itu adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk perbaikan atap rumah Anda. Lakukan perawatan rutin untuk mengetahui kondisi atap Anda. Dengan demikian, rumah Anda akan terhindar dari kebocoran di musim hujan. Bagi Anda yang membutuhkan jasa perbaikan atap, Sejasa.com adalah solusi untuk mencari jasa perbaikan atap rumah. Sejasa.com menawarkan solusi untuk semua kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *